Senin, 28 Januari 2013

Garang Asem

 
Asliiii,...saya gak suka cooking ( baca: belum suka*).
Beda sama baking, saya bakal "bela negara" plus gak tahan lihat resep resep kue.


Mangkanya gak banyak resep sayur mayur...cooking mencooking ya ibu ibu...(edisi penjelasan, padahal gak ada yang nanya,..xixixi..). Kalaupun ada, pastinya karna " sesuatu yang hal yang terjadi" (halaaaah,...bahasanya bikin teka teki silang ).

Begini nih,..tiap harinya saya menggunakan jasa catering rumahan  
(ada 4 ibu ibu " pemalas " seperti saya, yang menggunakan jasa beliau ). Saya memasak, kalo ada pemberitahuan kalo si ibu catering berhalangan karena sakit atau ada keperluan, atau sayanya yang  mulai dilanda "kebosanan ".

Salah satunya ini nih, si asem yang garang,...eh salah...Garang Asem yang saya buat.
Karena suami si ibu catering sakit dan harus dioperasi ( get well soon ya pak,..), saya terpaksa harus membuat list masakan yang supeer dupeer gampang dan pastinya yang "plung lep" alias cemplung klelep..cemplang cemplung gitu maksudnya,.....( hadeeeeh,...jadwal pagiku semakin "ceriah" ).

Garang asem saya ini versi tanpa santan dan tanpa bungkus membungkus ( riweuuuh...).
Segeeer, kuahnya melimpah....sayangnya belimbing wuluh tetangga sedang tidak berbuah (haaaaa...???? ), jadi saya pake tomat hijau saja. Dan tidak "paten" karena gak pake di garang alias dikukus.

Cekidot resepnya

Garang Asem

Ayam, saya pakai sayap dan dada, dicuci dan dipotong kecil keci;
Belimbing wuluh atau tomat hijau
Cabe hijau, dipotong potong
Cabe rawit merah
Bawang merah,potong tipis
Bawang putih, potong tipis
Batang Serai digeprek
Laos
Daun salam
Daun Jeruk
Jahe, sedikit saja
Garam
Merica bubuk, sedikit
Minyak, untuk menumis
Gula pasir ( fungsinya untuk menaikkan rasa, dan sebagai pengganti vetsin,...saya gak pernah pake vetsin soalnya )

Bumbu yang dihaluskan
Bawang putih
Bawang merah
Kemiri sedikit saja

Cara :
Ayam yang sudah dicuci dan dipotong kecil dilumuri dengan bahan bumbu halus. Diamkan kurleb 20 menit.
Tumis bawang merah, bawang putih dan masukkan ayam sampai berubah warna.
Beri Air. Masukkan Sereh, daun salam, laos, jahe, daun jeruk, merica, garam, gula pasir.
Setelah matang, masukkan tomat atau belimbing wuluh dan cabe hijau dan rawit utuh. 
Masak sebentar saja. Matikan kompor. Angkat dan sajikan.

Catatan : maaf ya teman teman, resep diatas, bahannya disesuaikan saja, karna saya gak pake ukuran berapa siung..., berapa buah...berapa sendok,..., yang jelas gak bakal bantat kok,...xixixi...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar