Rabu, 06 Maret 2013

Bolu Kukus Mekar


Kena kutukan bolu kukus ?...
Alhamdulillah enggaaak lah yaw,....sombong euy*....mata berbinar binar seperti bolu....


Ingat kue ini, ingat beberapa tahun lalu, saat mulai suka intip intip resep, tapi gak pernah praktek...haiiis*
Awalnya gara gara berhasil bikin browkusnya bunda Inong almarhum, trus ketagihan coba bikin kue.

Semua kue yang di steam dicobain semua,...termasuk bolu kukus ini.

Pertama kali bikin berhasil...semangat dong saya *
Kedua kalinya,...separoh mingkem, separoh mekar,...nyengir kuda*
Ketiga kalinya.....mingkem semua,.....nangiiiis dipojokan, sebeeeel*,...lha untungnya anak anak dan hubby "ikhlas" ngabisin bolu mingkemnya...(tertunduk haru,...hiks*)

Yang ini, gak tahan lihat ppnya mbak Yunita di http://www.pawonomah.blogspot.com.

Hasrat gak bisa "dikekang", nekad tadi pagi bikin....
05.00 am.
Sholat subuh, trus nyiapin susu, teh, dan sarapan buat anak anak


05.30 am
Mulai galau mo bikin kue ini apa enggak ya ?

06.00 am
"nekad dengan tekad baja, memutuskan bikin plus nyiapin bahan, nimbang dan manasin kukusan

06.30 - 07.00 am 
mulai mikser
07.00 - 08.00 am
proses steam, plus nyemilin yang udah jadi
08.20 am
berangkat kerja,....beruntung kantor dekat, jadi absennya gak merah*

12.00 
teng,......jam istirahat, trus kabur pulang kerumah,..nyiapin kamera plus property. Langsung jepret jepret.
12.30 pm

reeeeng,....reng.....denger mobil antar jemput sekolah si kecil sudah sampai rumah. Langsung gak sabar nyomot bolkusnya,...eiiit,...udah cuci tangan tentunya khan nak,....

12.45 pm
siap siap balik ke kantor dengan hati plooooong,lega*....hahahaha....

Kacau,...kacau,...beginilah kalo kita lagi "dijajah" dengan yang namanya resep.

Wokeeey,....lanjut ke resep yaa,...
Saya pake resepnya mbak Yunita dan dimodif ala saya ....

BOLU KUKUS
---------------------

Bahan :
250 gr tepung segitiga
250 gr gula pasir  ----> saya hanya 235 gr ( menurutku udah manis )
2 sdt emulsifer ----> saya hanya 1 sdt saja
3 butir telur -----> saya 2 kuning telur + 2 butir telur utuh ( karena terjadi accident, makanya telurnya saya combine )
200 ml sprite  ---> saya pake 200 ml jus sirsak kemasan (saya emang melarang anak anak minum minuman soda,..jadi gak pernah beli deh..)


Cara :
Tuang seluruh bahan diatas sampai putih pucat dan mengembang, kurleb 30 menit
Ambil sebagian kecil, dan diberi pasta coklat, atau sesuka selera.
Kukus kurang lebih 15 - 20 menit, dengan kondisi kukusan airnya sudah mulai mendidih.

Note : jangan pernah membuka kukusan sebelum waktunya dan jangan lebih ya, takutnya bolunya mengkerut.

Happy steam !.....










Tidak ada komentar:

Posting Komentar