Kamis, 22 November 2012

Moist Eggless Chocolate Cake



Dari kemaren, pengeeen banget "sesuatu " yang nyoklut nyoklut gitu,..
Minggu bikin brownies ketan item, yang tadinya mo dibawa ketemuan dengan teman teman panitia reuni expero,.akhirnya diembat sendiri. Abisnya mendadak hujan deras, gak tega ninggalin anak sendiri dirumah. Lha wong, tiap hari udah " tega " ditinggal kerja,..hiks,...




Haiss,..masih belum puas pulak buat emut emut coklat,...
Pengennya bikin brownies super fudgy, tapi stock telur tinggal 2 biji.Lha tuh telur mo diceplok buat sarapan pagi,...akhirnya "jalan jalan", nemu deh Eggless chocolate cake. Testimoni dari temen temen yang udah bikin, sepertinya "mengilik ngilik " saya ( hayaaah,...bosone ki,...*).


Untungnya saya menemukan resep di blognya mbak Nina Agustina yang udah dikonversi dari cup ke gram. Cucok banget untuk saya yang "bermasalah" ( baca : malas*) dengan pengkonversian.

Asliiiii,....nih cake bener bener moisttt banget,.....10 jempol untuk yang pertama bikin resep ini,....

MOIST EGGLESS CHOCOLATE CAKE

source : mbak Nina Agustina modif ala saya

Bahan :
160 gr tepung segitiga
60 gr coklat bubuk
2 sdm susu bubuk ( saya 1 sachet susu dancow + 1 sachet milo uk 14 gr, ngabisin stock aja..)
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt garam.
1/2 sdt vanilla susu ( tambahan saya )
300 ml susu cair UHT dingin ( saya 150 ml yogurt plain dingin ditambah 150 ml air putih dingin )
100 ml minyak goreng
200 gr gula pasir
50 gr DCC ( tambahan saya,..)

Cara :
Campur dan ayak tepung, coklat bubuk, susu bubuk, milo, baking powder, baking soda
Masukkan gula pasir, garam dan vanilla susu.
Tuang susu cair dingin ( saya yogurt dan air putih dingin,..harus dingin ya,..) dan minyak goreng dengan menggunakan whisker
Masukkan DCC yang sudah diserut.

Tuang adonan ke dalam loyang ( saya memakai loyang loaf 10 x 20 x 7 ) yang sudah di oles mentega dan ditaburi tepung.
Oven selama 25 - 30 menit dengan suhu 180 derajat celcius atau sampai matang,....

Selamat mencoba,...ingaaat,...ini enak banget.
Untuk hasil yang maksimal, gunakan bahan bahan yang bagus dan bermutu yaa,...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar