Sabtu, 07 Juli 2012

SARDEN HOMEMADE



Antara baking or cooking, aku lebih prefer baking. Tapi, karena lagi bosen dengan menu catering langganan, sudah seminggu ini akhirnya harus menyisihkan waktu buat cooking deh,..
Hari ini bikin Bandeng bumbu sarden (homemade ). Sumbernya aku lupa, karena udah lamaaa banget, untungnya masih inget...
Ini dia penampakannya,...yang udah dinner, boleh kok makan lagi,...hehehe..
Yang mo mencoba silahkan..., tapi maaf aku tidak sertakan satuan bumbunya, dikira kira saja yaa,..dan ini bisa dimasak menggunakan panci presto maupun panci biasa. Bedanya hanya di hasil akhir ikannya saja, durinya lunak atau tidak

BANDENG BUMBU SARDEN HOMEMADE

BAHAN :
Ikan Bandeng (bisa diganti tuna segar, salem segar ), aku pake 2 kg ukuran besar dan dipotong potong dan dilumuri jeruk nipis, biarkan 15 menit, cuci kembali dan letakkan di panci presto. Sisihkan

Tomat ( aku pake 6 buah ), rebus sampai kulitnya mengelupas, tiriskan lalu hancurkan
Sedikit minyak untuk menumis
Tomat botol ---> aku menggunakan 6 sdm
Air seperlunya
Daun salam
Sereh
Daun jeruk
Gula pasir sedikit
Gula jawa sedikit

Bumbu halus
----------------
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah (sedikit saja )
Sedikit merica
Ketumbar
Kemiri
Garam

CARA:
---------
Haluskan bumbu lalu ditumis.
Masukkan kedalam panci presto berisi ikan.
Tuang tomat yang sudah dihancurkan dan tomat botolan. Letakkan daun salam, sereh, gula pasir dan gula jawa. Tuang air secukupnya. Tutup panci presto dan masak kurang lebih 45 - 60 menit (tergantung jumlah air dalam panci presto, dikira kira saja yaa,...)
Setelah matang, bisa diolah kembali dengan memasukkan sayur ( wortel, bunga kol atau hanya cabe setan sepertiku...)...
Mudah bukan,....

Kalo bisa bikin fresh dan tanpa pengawet, ngapain harus mengolah yang kalengan,.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar